Have an account? Register Now!

Forgot your password?

Forgot your username?

Home Tekno  
Iptek
indonesiana-Indash
Indash 
Rabu 27 Desember 2017 22:03 WIB
Dibaca (2231)
Komentar (0)

Gawai Sebagai Kawan atau Lawan?

indonesiana-PhotoGrid_1513744457592.jpg

GAWAI SEBAGAI KAWAN ATAU LAWAN ? 

 

Gawai (gadget) merupakan benda yang sudah tidak asing lagi, untuk semua kalangan. Terutama bagi anak-anak yang hidup di “ Era Zaman Now “.  Gawai menjadi benda yang seakan tak dapat dipisahkan dari kehidupan anak-anak zaman now. Seperti zat adiktif yang menyebabkan candu. Sehingga penggunanya ketagihan dan tak dapat lepas dari gawai mereka.

Gawai dalam penggunaanya oleh anak-anak zaman now, bukan hanya sebagai alat untuk berkomunikasi dan mencari informasi yang positif. Namun dengan adanya gawai, justru membuat kegiatan belajar mereka terganggu. Hingga berakibat pada kurangnya minat mereka dalam belajar dan menuntut ilmu. Mereka lebih menyukai terjun ke dunia gawai yang terlihat lebih mengasyikan. Belajar mereka pun sering terganggu oleh gawai.

Penggunaan gawai yang terlalu sering, membuat mereka asyik menyia-nyiakan waktu, daripada untuk belajar. Berdasarkan hasil survey dari anak-anak zaman now, dapat diketahui bahwa ketertarikan terhadap gawai lebih tinggi daripada buku. Dibuktikan dengan survey sebanyak 71,05 % anak-anak zaman now memilih gawai. Selebihnya, 28,95 % anak-anak zaman now yang memilih buku sebagai prioritas utamanya.  Hal ini menjadi sangat memprihatinkan.

Berbagai macam solusi dapat diterapkan agar lebih banyak belajar daripada bermain gawai. Pertama, membuat gaya belajar yang lebih santai agar lebih mengasyikan. Kedua, atur waktu belajar yang pas sesuai kemampuan otak. Ketiga, jauhkan gawai dari jangkauan, agar meminimalisir potensi gangguan yang disebabkan notifikasi dari gawai. Dan yang terakhir, ketahui tugas yang harus diselesaikan, serta informasi apa saja yang perlu diketahui, agar tidak perlu sering membuka gawai.

Oleh karena itu, sebenarnya tidak perlu menghindari gawai. Namun, hanya perlu membatasi penggunaan gawai agar lebih bijaksana. Sehingga gawai dapat menjadi kawan yang positif, bukan lawan yang dapat menghambat pelajaran.




Berikan Nilai
TOTAL NILAI :

Disclaimer

Semua posting di blog ini merupakan pendapat pribadi dan tanggung jawab masing-masing penulis sepenuhnya. Isi posting tidak selalu sejalan dengan sikap dan kebijakan kelompok usaha PT Tempo Inti Media Tbk.